Arus Finansial Dalam Rantai Suplai

Beberapa ciri yang khas arus finansial dalam rantai suplai antara lain tagihan yang diterima perusahaan dari vendor, pembayaran ke vendor, mengeluarkan tagihan ke customer, serta menerima pelunasan tagihan.

Supplier menyediakan barang/material ke perusahaan dan kemudian mengirimkan tagihan yang harus dibayar. Pada perusahaan yang telah menggunakan SAP,pembayaran dapat dilakukan berdasarkan jumlah barang yang diterima (two-way match) atau membayar berdasarkan tagihan yang dikirim oleh vendor (three-way match) seperti yang biasa dilakukan. Proses Invoice verification yang ada di SAP adalah contoh integrasi sempurna antara modul MM dengan Finance.

Arus keuangan dalam rantai suplai tidak berubah nilainya,sama seperti arus  informasi dan material. Bagaimanapun juga, sistem SAP R/3 saat ini dapat membolehkan user untuk menganalisa KPI keuangannya yang merupakan keseluruhan bagian dari rantai suplai. Hal ini mencakup keluar-masuk barang , modal kerja, inventory, dll. Integrasi antara MM dengan modul logistik yang lain menghasilkan informasi penting dan akurat serta tepat waktu.

Perkembangan arus finansial rantai suplai memiliki dampak ke modul MM.

Post a Comment for "Arus Finansial Dalam Rantai Suplai"